Istilah Last Month Of Financial Year Dalam Myob Yaitu

Istilah Last Month Of Financial Year Dalam Myob Yaitu


BuletinRakyat.com - Pada kesempatan kali ini mimin akan mencoba membahas pertanyaan yang serting ditanyakan oleh banyak orang mengenai Materi Soal Akuntansi Kelas 11 Semester 2. Beberapa siswa atau murid kesulitan menemukan jawaban mengenai pertanyaan "Istilah Last Month Of Financial Year Dalam Myob Yaitu".

Pertanyaan ini mungkin bagi sebagian siswa terlihat sederhana alias simpel. Akan tetapi bagi sebagian siswa lain pertanyaan ini agak sulit dijawab. Oleh karena itu disini mimin akan mencoba mengulas sedikit tentang bagaimana menjawab seperti itu dengan jawaban yang paling benar dan tepat, lengkap beserta ulasannya.

Apa itu MYOB?

MYOB (Mind Your One Business) merupakan salah satu aplikasi komputer yang berfungsi untuk mengelola dan mengolah data akuntansi atau secara sederhana MYOB ialah aplikasi pembukuan yang multifungsi karena dapat digunakan untuk pembukuan berbagai lini jenis usaha baik skala mikro atau makro.

Dengan tampilan UI yang sederhana membuat aplikasi MYOB mudah dioperasikan atau digunakan oleh pemula sekalipun.

Perlu diketahui pada dasarnya setiap perusahaan memiliki cara yang sama dalam mengolah data perusahaan mereka. Akan tetapi tetap saja terdapat perbedaan dalam sistem akuntasi antar perusahaan misalnya saja dalam hal teknologi. Maka dari itu kehadiran aplikasi MYOB justru dinilai sebagai aplikasi yang akan sangat membantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan olah data akuntansi.

Akan tetapi untuk memahaminya, diperlukan pemahaman yang lebih lanjut terkait cara kerja dari aplikasi ini secara detail dan rinci. Mengapa demikian? karena jika salah sedikit saja dalam hal penggunaan aplikasi MYOb ini maka akan membuat kita kesusahan sendiri karena harus mengulang prosesnya dari awal.


Awal Mula MYOB

Aplikasi ini telah dikenalkan pada publik sejak tahun 1991 oleh MYOB Limited Australia. Pada saat ini aplikasi MYOB telah berkembang cukup pesat karena telah diedarkan pula di Kanada, Amerika, Selandia Baru, inggris dan ebebrapa negara asia.

Meski pada awal kehadirannya aplikasi ini dibuat di Autralia. Nyatanya aplikasi MYOB memiliki versi sendiri untuk masing-masing negara di wilayah Asia seperti Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, Brunei hingga Timor-Timor.


Kelebihan MYOB

  • Memiliki tampilan yang User Friendly dan mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.
  • Menyajikan menu Cahrt Of Account alias daftar rekening yang siap digunakan, Ada sekitar 105 jenis perusahaan yang terdapat dalam lampiran.
  • Memiliki fitur ekspor data cepat ke program excell.
  • Memiliki banyak jenis laporan termasuk didalamnya setting pajak dan menampilkan analisa dalam bentuk grafik.

Kekurangan MYOB

  • Tidak terdapat fitur pelaporan perpajakan Indonesia
  • Hanya bisa diterapkan pada satu perusahaan
  • Tersedia hanya satu bahasa yaitu Inggris
  • Format neraca dalam format keuangan Australia
  • Tidak mendukung Multy Currency
  • Tidak mendukung fitur multi gudang


Itulah sedikit ulasan singkat mengenai apa itu MYOB serta kelebihan dan kekurangan dari aplikasi MYOB. Nah sekarang waktunya kita membahas mengenai jawaban yang paling tepat terhadap pertanyaan di atas. Berikut ini ulasannya!

Istilah Last Month Of Financial Year Dalam Myob Yaitu :
A. Bulan akhir dari periode akuntansi

B. Bulan awal dari periode akuntansi

C. Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi

D. Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi
Program MYOB
Kata kunci : Periode Pembukuan

Istilah periode pembukuan yang ada dalam MYOB adalah sebagai berikut:

a. Current Financial Year
Merupakan tahun tutup buku pertama kali.

b. Last Month of Financial Year
Merupakan bulan terakhir dari periode berjalan.

c. Convertion Month
Merupakan bulan pertama memasukkan saldo awal untuk memulai pembukuan baru. Sehingga transaksi tidak akan bisa dicatat pada tanggal bulan sebelumnya, kecuali untuk saldo awal hutang dan piutang.

d. Number of Accounting Period
Merupakan panjang periode akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan dala satu tahun.


Jawaban yang benar dan tepat dari pertanyaan di atas adalah A. Bulan akhir dari periode akuntansi.

Tautan disalin ke papan klip!