Negara Asal Handphone Nokia Adalah

Negara Asal Handphone Nokia Adalah

Negara Asal HP Nokia

BuletinRakyat.com - Sobat kalian tau gak brand smartphone legendaris NOKIA itu darimana? Pasti banyak dari kalian juga belum tau asal muasal merek NOKIA itu berasal dari negara mana sih? Baik mimin akan mengulas secara rinci terkait pertanyaan teman-teman semua.


Sejarah Singkat

Nokia Corporation merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi, teknologi informasi, elektronik yang berasal dari negara Finlandia. Perusahaan Nokia sendiri telah berdiri sejak tahun 1865 silam dengan kantor pusatnya yang terletak di Espoo, Finlandia. Kawasan ini berada di kota metropolitan Helsinki.

Di Indonesia sendiri merek Nokia berfokus pada lini ponsel dan sempat mendominasi pada awal tahun 2000-an. Ponsel Nokia kala itu sempat menguasai hampir semua pangsa pasar smartphone di dunia termasuk Indonesia tentunya.

Banyak sekali varian ponsel Nokia yang dirilis pertama kali di Indonesia mulai dari Nokia 8810, 3210, N-Gage dan lain-lain. Ya walaupun HP keluaran Nokia tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan telepon dan sms saja. Akan tetapi anehnya semua varian ponsel yang di keluarkan oleh Nokia kala itu selalu diminati oleh banyak orang terutama di Indonesia.

Memegang ponsel Nokia dapat menaikkan nilai gengsi orang tersebut. Mengingat waktu itu tidak ada pilihan merek lain yang menjadi pesaing dari Nokia. Perusahaan ini benar-benar sukses dan berjaya pada masanya. Semua orang pun mengakuinya.

Namun sayangnya merek Nokia tidak bisa mempertahankan dominasinya dalam persaingan industri ponsel yang semakin sengit. Kian hari banyak kompetitor yang masuk dengan membawa segudang inovasi dan fitur canggih yang menarik para konsumen baru.

Nokia harus menerima nasibnya jika perusahaannya sedang berada diambang kehancuran alias pailit. Berbagai teknik dan inovasi marketing Nokia tidak mampu lagi mengembalikan keadaan pangsa pasar seperti sedia kala.

Bahkan Nokia pun dengan lapang dada menerima akuisisi dari Microsoft pada tahun 2013 yang lalu. Beberapa pengamat ekonomi memaparkan jika dominasi Nokia akan pangsa pasar ponsel menurun setelah munculnya iPhone yang dirilis tahun 2007.

Banyak alasan mengapa perusahaan raksasa sekelas Nokia bisa mengalami kebangkrutan besar seperti itu. Salah satunya adalah diakui atau tidak Nokia telah gagal berinovasi karena terlalu lama berada di zona nyamannya. Apple dengan  strategi matangnya mampu dengan cepat merebut pangsa pasar dari Nokia.

Ya kita sebagai pembaca tentunya dapat mengambil hikmah dimana perusahaan besar dan sukses seperti Nokia mampu gulung tikar dikarenakan terlalu lama berada di zona nyaman sehingga membuat konsumen jenuh karena Nokia tidak menghadirkan hal-hal baru terhadap semua ponsel besutannya.

Meskipun demikian Nokia saat ini sedikit demi sedikit mulai bangkit meski dengan sistem pengelolaan yang berbeda. Nokia saat ini dipegang oleh HMD Global dan saat ini beberapa ponsel Nokia tetap dapat dinikmati oleh masyarakat dunia.


Kelebihan HP Nokia



1. Build Quality

Nokia memang dikenal memiliki build quality yang bagus dari dulu hingga sekarang. Kualitas produk mumpuni Nokia ini memang telah dibuktikan oleh penggunanya dan tak perlu diragukan. Hampir semua produknya mulai dari sistem operasi Java, Symbian, Windows Phone memiliki kualitas produk yang baik. 

2, Update OS yang Rutin

Setiap vendor ponsel Android memberikan jaminan update OS dalam jangka beberapa waktu terdepan. Nokia bisa memberikan pelayanan yang baik dalam perihal update sistem, mengingat hampir semua produk Nokia android tergabung dalam project AndroidOne.

3. Gratis Patch Keamaan Selama 3 Tahun

Update patch keamanan diperlukan bagi sebuah smartphone karena dengan melakukan update maka software atau bug dalam sistem operasi mendapatkan pembaruan atau perbaikan. Nokia tentu saja secara konsisten memberikan update pact secara konsisten pada semua usernya.



Kesimpulan

Itulah sedikit sejarah singkat tentang Nokia yang bisa kami ulas melalui artikel singkat ini. Semoga dapat membantu Anda. Terimakasih.
 
Tautan disalin ke papan klip!