Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Tinta Epson Ori dan Kw Secara Rinci dan Lengkap

Cara Membedakan Tinta Epson Ori dan KW



Tinta Epson memang sering di cari oleh para khalayak umum. Hal ini dikarenakan tinta Epson memiliki kualitas yang baik dan tidak mengecewakan. Tak jarang, orang-orang lebih menyukai menggunakan Tinta merek ini. Namun, ada harga ada barang. Jika kita membeli tinta Epson yang asli, kita perlu merogoh kocek lebih dalam. Hal itu sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Beberapa kasus yang kita temui, banyak orang yang membeli tinta merek Epson. namun tinta merek Epson tersebut dijual dengan harga yang begitu murah. Dan berbanding terbalik dengan harga Tinta keluaran Epson yang asli. Hal itu, tentu saja mengundang banyak pertanyaan apakah tinta yang dijual di toko” merupakan tinta yang  Ori atau bukan.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membedakan Tinta Epson asli atau bukan. Beberapa hal ini bisa kalian lakukan untuk dapat memebedakan antara Tinta Epson Ori dan bukan.

Cara Membedakan Tinta Epson Ori dan KW Secara Spesifik


Kemasan tinta Ori dan KW sekilas sama dan bahkan stiker hologram yang tertempel di belakang box benar-benar sama dan sulit untuk di bedakan. Sehingga anda perlu hati-hati dan teliti sebelum membelinya.

1. Epson Genuine

Pada produk Epson yang Ori terdapat segel berupa stiker hologram. Perhatikan pada segel produk. Yang Ori akan terlihat lebih bagus dari segi gambar, mengkilap dan natural. Segel yang asli terdapat tulisan EPSON GENUINE. Sedangkan pada tinta Epson KW segel terlihat kusam, gambar tidak bagus dan tidak natural.


2. Kode Serial Number (SN)

Setiap Produk akan memiliki kode serial number yang berbeda-beda. Cara yang paling mudah mengetahu apakah Produk ini Ori atau bukan, yakni dengan cara melihat SN di setiap pproduk. Jika SN setiap produk berbeda maka dapat dipastikan bahwa Produk tersebut merupakan produk yang Ori. Namun jika SN setiap Produk sama, berarti Produk tersebut adalah Non-Ori atau palsu.

3. Kode RN

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah, Kode RN. Kode RN Tinta Epson yang asli akan muncul pada saat kita menggosok Qr-Kode. Pada Tinta Epson yang KW biasanya tidak memiliki kode RN. Akan tetapi, sekarang banyak oknum yang berhasil mengakali hal tersebut. Tinta yang KW pun juga memiliki Qr-Kode yang juga dapat digosok. Sehingga cara ini mungkin kurang efektif untuk membedakan Tinta Epson Ori atau bajakan.

4. Kemasan Produk

Pada kemasan produk yang asli akan terlihat jelas perbedaannya. Tinta yang asli memiliki kemasan yang tebal dan vakum terlihat lebih kuat. Serta terdapat tempat tersendiri untuk menyobek. Sedangkan Tinta yang KW, kemasan tidak setebal yang asli, vakum tidak terlalu kuat. Dan tidak terdapat tempat untuk menyobek.

5. Segel Botol

Setelah melepas plastic kemasan, terdapat segel alumuniun yang bertuliskan EPSON. Pada saat akan membuka botol, Segel tersebut terpasang kuat dan rapi di tutup botol. Sedangkan pada tinta yang KW tidak terdapat tulisan EPSON pada segel alumunium.

6. Harga

Saat akan membeli Tinta Epson yang Ori. Harga dapat menjadi acuan utama yang perlu diperhatikan untuk memastikan produk tersebut Ori atau bukan. Pada Tinta keluaran Epson yang asli, harga yang di tawarkan memang lebih mahal. Sesuai dengan kualitas yang diberikan. Harga Tinta Epson Ori di bandrol mulai dari 70 ribuan hingga ratusan ribu. Tergantung dari tipe produk.

7. Garansi

Pada saat hendak membeli, pastikan anda membuat kesepakatan dengan penjual. Anda dapat membuat kesepakatan, apabila barang yang sudah dibeli merupakan barang yang tidak Ori dan tidak terdaftar di aplikasi scan EPSON GENUINE, maka boleh dikembalikan. Dan apabila penjual sudah menyetujui kesepakatan tersebut, besar kemungkinan Tinta yang dijual adalah Ori.

8. Scan Lewat Aplikasi EPSON GENUINE

Mungkin cara-cara sebelumnya sudah cukup menjelaskan perbedaan antara Tinta EPSON Ori dan KW. Namun, terdapat oknum-oknum nakal yang sengaja menciptakan produk bajakan sehingga sangat mirip dengan yang aslinya. Hal ini membuat para konsumen bingung perbedaan produk Ori dan bajakan.

Akan tetapi untuk memvalidasi keaslian produknya. Pihak EPSON telah menciptakan aplikasi khusus untuk mengecek keaslian produknya. Aplikasi ini bernama EPSON GENUINE yang bisa di download lewat PlayStore. Produk Ori Epson akan terdaftar di database mereka.

Anda dapat download aplikasi ini di PlayStore. Dengan begitu anda akan dengan mudah mengecek ke-Ori an produk anda lewat aplikasi ini.
Selain itu cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal men-Scan kode RN yang terdapat di kemasan produk. Ingat! Scan hanya dapat dilakukan saat anda sudah resmi membeli barang tersebut. Sehingga sebelum anda membeli Tinta. Anda harus meminta garansi kepada penjual dan melakukan kesepakatan bersama.

Setelah melakukan pembayaran anda dapat menggosok kode RN, kemudian scan menggunakan Aplikasi EPSON GENUINE. Jika produk anda Ori maka akan terdaftar di database dan akan muncul tulisan CONSUMABLE ASLI EPSON. Dan jika produk anda palsu maka akan muncul tulisan CONSUMABLE PALSU, karena Kode RN yang palsu tidak terdaftar di database mereka.

 

Kelebihan Menggunakan Tinta EPSON Original

Terdapat banyak manfaat apabila kita menggunakan Tinta yang Original, selain untuk menjaga keawetan dari Printer. ternyata, masih banyak manfaat lainnya.

1. Hasil Cetak Berkualitas

Pada saat kita menggunakan tinta yang Ori. Tinta dapat didiamkan untuk jangka waktu yang lama setelah kita melakukan isi ulang (refil). Selain itu, hasil yang dicetak juga bagus dan berkualitas. Ini akan menjadi kepuasan bagi anda karena mendapatkan hasil cetak yang berkualitas. Kondisi Tinta yang bagus akan sangat memengaruhi hasil cetakan anda.

2. Memiliki Garansi Jaminan

Alasan pentingnya anda memiliki garansi saat akan membeli tinta yang Ori adalah, memastikan bahwa produk yang anda beli merupakan benar-benar produk yang asli, dan yang telah tervalidasi dengan kode RN yang dikeluarkan langsung oleh pihak Epson. Hal ini sebagai bentuk kepercayaan EPSON kepada konsumen.

Sekarang Pilihan Kembali kepada anda, apakah anda akan membeli tinta non-Original dengan kualitas buruk dan tanpa garansi resmi, atau memilih membeli tinta Original dengan kualitas baik dan terjamin, serta diberikan garansi.


Efek Penggunaan Tinta Non-Original

Tinta Non-Original, bukan berarti tinta yang dibuat dari air. Tapi tinta Non-Original adalah tinta yang mencoba meniru tampilan kemasan dari Tinta Epson Original Indonesia, sehingga memiliki persamaan yang sangat mirip dengan yang aslinya.

Ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan dari penggunaan tinta Non-Original :

1. Tinta tidak dapat bertahan lama

Tinta memiliki batas Expired, baik bajakan maupun yang original. Tinta bajakan memiliki kelemahan yakni, tinta tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.\


2. Head Cartridge gampang rusak

Head Printer memiliki lubang yang sangat kecil. Sehingga menyebabkan penyempitan, apanila tinta yang digunakan tidak sesuai stardar. Kinerja Head Printer dapat terganggu dan sering mengalami kerusakan. Sayang sekali, Head Printer merupakan salah satu komponen termahal pada printer Epson.

3. Hasil cetakan kurang bagus

Tidak dapat dipungkiri, jika menggunakan Tinta Epson yang tidak Original akan menyebabkan hasil yang kurang bagus. Jika menggunakan tinta bajakan 1-2 bulan belum terasa efeknya. Akan tetapi, jika digunakan lebih dari 1 tahun baru akan terasa efeknya. Entah dari warna yang kurang jelas maupun tulisan yang bergaris.
 

Kesimpulan

Demikian artikel ini mengenai “Perbedaan Tinta Printer Epson Ori dan KW” semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu kalian yang masih bingung cara membedakan Tinta Epson Ori dan Non-Original. Jika bermanfaat, silahkan di share ya. Terima Kasih!